Rabu, 08 Oktober 2008

Silabus Hidrologi

SILABUS

1. Identitas mata kuliah
Mata Kuliah : Hidrologi
Kode : GG 309
Jumlah sks : 2 sks
Semester : 2
Kelompok mata kuliah : MKK Program Studi
Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1
Status mata kuliah : Mata kuliah dasar
Prasyarat : Telah lulus mata kuliah Pengantar Geografi,
Geologi, dan Metklim.
Dosen : Dr. Ir. Dede Rohmat, M.T /1300
Nanin Trianawati S., ST., MT.

2. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip dan teori hidrologi, satuan hidrologi, serta mampu mendeskripsi komponen-komponen siklus hidrologi. Lebih lanjut mahasiswa diharapkan memahami dan trampil dalam mengukur parameter hidrologi (hidrometri); menganalisis persebaran dan ketersediaan air, baik air permukaan maupun airtanah; serta mampu menganalisis dan menginventarisasi pemanfaatan, daya rusak, pengendalian dan konservasi sumber daya air.

3. Deskripsi
Matakuliah ini merupakan hidrologi pengantar yang membahas segala aspek yang berkenaan dengan persebaran, perputaran dan proses air (hidrologi) serta manfaat dan bahaya air bagi manusia. Ruang lingkupnya akan dibahas tentang pengertian dan ilmu yang terkait dengan hidrologi; genesa dan persebaran air; proses dan komponen siklus hidrologi; identifikasi dan deskripsi satuan analisis untuk kajian hidrologi; pengukuran komponen/parameter hidrologi (hidrometri), analisis hujan, evapotranspirasi, limpasan hujan; potensi ketersediaan air, baik air permukaan maupun airtanah; identifikasi dan inventarisasi manfaat dan bahaya air; serta upaya pengendalian dan konservasi sumber daya air. Selain itu, pada mata kuliah ini juga mengkaji isu-isu aktual berkenaan dengan air dan pengelolaan air. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah dan tanya jawab yang dilengkapi penggunaan LCD dan OHP, dan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, reviu buku dan jurnal, diskusi dan pemecahan masalah. Di akhir perkuliahan juga akan dilaksanakan praktek lapangan agar mahasiswa memiliki keterampilan dalam menganalisa masalah-masalah hidrologi di lapangan.
Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas, penyajian, diskusi, dan laporan praktikum lapangan. Buku sumber utama: D. Sprong, (1979), Lakes in The Humid Tropical Areas of The World; Todd, (1983), Introduction to Hydrology; Robert J. Kodoatie & Roestam Sjarief, (2005), Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu.

4. Pendekatan pembelajaran
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori, inkuiri, dan praktek lapangan
a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah
b. Tugas : laporan buku & makalah, penyajian dan diskusi, dan
Laporan praktikum lapangan
c. Media : LCD, OHP.

5. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
a. kehadiran
b. partisipasi kegiatan kelas
c. partisipasi dalam praktek lapangan
d. Laporan buku dan makalah
e. Laporan praktikum lapangan
f. UTS dan UAS

6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Pengantar: membahas silabus perkuliahan termasuk mengemukakan tentang tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, dan peranan dan fungsi matakuliah hidrologi pada program studi/jurusan Pendidikan Geografi di UPI. Sebagai materi awal, pada pertemuan I dibahas mengenai pengertian hidrologi, dan ilmu yang terkait,
Pertemuan 2 : Siklus hidrologi dan Unit Hidrologi (DAS)
Pada pertemuan ini dibahas proporsi dan sebaran air di bumi, proses perputaran air (siklus hidrologi), dan konsep DAS sebagai unit/satuan hidrologi yang mencakup identifikasi dan deliniasi batas DAS, dan identifikasi karakteristik DAS untuk kajian hidrologi
Pertemuan 3 : Presipitasi dan pengukurannya
Diarahkan kepada pemahaman tentang proses hujan, stasiun dan pengukuran hujan, analisis karakteristik hujan, dan rata-rata hujan wilayah.
Pertemuan 4 : Evapotranspirasi dan Perhitungannya
Materi kuliah akan diarahkan kepada pemahaman tentang proses dan parameter evapotranspirasi, perhitungan evapotranspirasi potensial (Penman, dll.) dan aktual.
Pertemuan 5 -6 : Limpasan Hujan, Perhitungan dan Pengukurannya
Materi kuliah akan diarahkan kepada pemahaman tentang air limpasan (run-off), perhitungan keterbalan dan debit limpasan hujan (runoff) dengan metoda F.J MOCK (Ketersediaan Air); teknik pengukuran debit sungai, dan pembuatan hidrograf aliran sungai.
Pertemuan 7 : Inflitrasi, Perhitungan dan Pengukurannya
Dibahas mengenai konsep inflitrasi, perkolasi, dan permeabilitas. Secara teknik dibahas pula mengenai perhitungan/pengukuran laju infiltrasi dan kapasitas infiltrasi dengan menggunakan debit minimum.
Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester
Pertemuan 9-10 : Banjir
Dibahas mengenai pengertian dan penyebab banjir, analisis/prediski hujan rencana, dan perhitungan/prediksi debit banjir (rencana) menurut metoda rasional dan/atau metoda lainnya.
Pertemuan 11 : Danau, waduk, dan rawa.
Dibahas tentang karakter, sifat air, sumber air, dan potensi pengisian air danau, waduk dan rawa, serta potensinya bagi kehidupan.
Pertemuan 12-13 : Air tanah,
Dibahas tentang konsep airtanah, jenis akifer, aliran airtanah, jaring aliran airtanah, isopiezometrik, penentuan arah aliran airtanah, perhitungan debit airtanah, analisis potensi airtanah, dan mekanisme pumping test.
Pertemuan 14 : Kualitas air permukaan dan air tanah.
Dibahas tentang parameter dan baku mutu kualitas air, golongan air, klasifikasi sumber air, pemanfaatn air dan konservasi sumbar daya air.
Pertemuan 15 : Praktek Lapangan
Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester


7. Referensi
Black, Peter E., (1991), Watershed Hydrology, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.
Faust, Samual D., Osman M. Aly, (1981), Chemstry of Natural Waters, Ann Arbor Science, Michigan.
Soewarno, (1991), Pengukuran dan Pengolahan Data Aliran Sungai (Hdrometri), Nova, Bandung
Freeze R. Allan, John A. Cherry (1979), Groundwater, Englewood Cliffs, New Jersey.
Linsley Ray K., Joseph B. Franzini, (1985), Teknik Sumber Daya Air, Eralanga, Jakarta.
Sastrodarsono Suyono dan Kensaku Takeda, (1999), Hidrologi untuk Pengairan.
Sprong, D., (1979), Lakes in The Humid Tropical Areas of The World, Arrevem of the literature.
Todd, (1983), Introduction to Hydrology. Mc Graw Hill. USA.
Kodoatie, R.J. dan Roestam Sjarief. (2005). Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu. Yogyakarta: Andi.
Asdak Chay (1995). Hidrologi dan Pengeloaan daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Hermawan Yandi, Hidrologi untuk Insinyur, hal. 1-6.
Hohnholz J. H., Applied Geography and Development, p. 8-23.
Doorenbos J., A.H Kassam, (1979), Yield Respons to Water, FAO, Rome.


Sumber dan Dokumen:
Jurnal : -
Internet : www.pusair-pu.go.id
www.pu.go.id
www.geografiana.com


Dosen dapat dihubungi di Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS UPI , Jl. Dr. Setyabudhi No. 229 Bandung 40154, atau melalui HP : 0811210726 (Dr. Ir. Dede Rohmat, M.T.); atau 08157042788 (Nanin Trianawati S., ST., MT.)

Tidak ada komentar: